Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Muhammadiyah Malang
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Muhammadiyah Malang

Genjot Produktifitas Publikasi Ilmiah, FEB UMM Motivasi Para Dosen

Author : Administrator | Jum'at, 25 April 2014 09:11 WIB
Berita UMM
Dekan Membuka Acara

Pada tanggal 5 April 2014, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang  (FEB UMM) mengadakan kegiatan Sosialisasi “Kiat Menembus Publikasi Ilmiah Internasional”. Kegiatan ini ditujukan untuk meningkatkan produktivitas publikasi ilmiah bagi dosen di lingkungan FEB UMM. Hal ini penting untuk dilakukan karena mengingat masih kurangnya publikasi ilmiah oleh dosen terutama pada level internasional.

Acara yang  dimulai pukul 09.00 WIB ini dibuka oleh Pembantu Dekan I FEB UMM, Dr. Idah Zuhroh, MM. Dalam sambutannya, PD I menekankan kepada para dosen yang mengikuti kegiatan ini untuk mempublikasikan hasil karya penelitiannya maupun karya mahasiswa. Sangat disayangkan jika hasil karya yang sudah ada dengan jumlah yang banyak,namun tidak dipublikasikan.

Bertempat di Ruang Sidang FEB UMM, kegiatan yang dipandu oleh Bapak Djoko Sigit Sayogo, SE., M.Acc., Ph.D. sebagai pembicara ini berjalan dengan lancar. Dalam penyampaian materinya, pembicara mengawali dengan berbagai pengalaman pribadinya dalam menulis artikel jurnal, conference proceeding, dan book chapter internasional. Selain itu juga disampaikan bagaimana strategi dalam mempublikasikan karya tulis untuk menembus level internasional. Diantara strategi yang bisa dilakukan antara lain perlu memperhatikan rangking dan rating jurnal, memilih jurnal yang sesuai, menyiapkan manuskripnya dan melakukan submission.
 

 
     
 


Bagian akhir dari kegiatan ini adalah arahan dan motivasi dari Dekan FEB UMM, Dr. Nazaruddin Malik, M.Si. Pak Dekan juga menghimbau kepada para dosen untuk membangun budaya akademik yang baik, yang salah satunya tercermin dengan banyaknya karya-karya ilmiah yang terpublikasikan di jurnal-jurnal internasional. Salah satu yang ingin direalisasikan oleh beliau adalah membangun perpustakaan khusus yang berisi database jurnal-jurnal internasional sehingga memudahkan bagi dosen untuk melakukan penelitian.

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image