Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Muhammadiyah Malang
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Muhammadiyah Malang

Kesenjangan Sosial Ekonomi yang Mewabah di Indonesia

Author : Administrator | Kamis, 08 Mei 2014 15:35 WIB
Berita UMM
Pemaparan Materi dari Prof. Ahmad Erani Yustika

Kegiatan Forum Ekonomi & Bisnis (FOREBIS) merupakan upaya memperkuat sinergi antara Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMM dengan masyarakat dengan mempertimbangkan ketersediaan dan kualifikasi sumber daya manusia serta dukungan sarana dan prasarana pembelajaran melalui forum relasi sosial dan komunikasi bisnis. Sebagai wadah sosialisasi dan komunikasi dalam  masyarakat, maka  keterampilan dan motivasi sivitas akademi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis di lingkungan masyarakat harus selalu ditingkatkan. Bapak Nazaruddin selaku Dekan FEB UMM menambahkan bahwa kegiatan ini sebagai upaya memecahkan kebuntuan akademik yang terjadi dan upaya membangun bangsa yang maju dari berbagai perspektif.

Hari Rabu tanggal 7 Mei 2014, FOREBIS menyelenggarakan kegiatan diskusi yang digelar di Hotel UMM Inn, dengan tema “Kesenjangan Sosial Ekonomi Regional dan Nasional” yang menghadirkan pakar ekonomi INDEF dan guru besar FEB Universitas Brawijaya, Prof. Ahmad Erani Yustika dan Prof. Munawar Ismail, serta dosen dari FEB UMM, Bapak Zainal Arifin. Kegiatan ini dihadiri sekitar 50 orang terdiri dari Sekda Kabupaten Malang, Bappeda Kota Malang, serta Akademisi di Malang Raya.  

Prof. Erani menyampaikan bahwa ketimpangan telah menjadi wabah global yang terjadi hampir diseluruh negara termasuk Indonesia, khususnya di Indonesia ketimpangan terjadi di berbagai aspek meliputi ketimpangan sektoral tradable dengan non tradable, ketimpangan pendapatan dan rekening tabungan.

 

 
     
 



Prof. Munawar menambahkan bahwa distribusi pendapatan merupakan salah satu cara mengatasi ketimpangan, di Indonesia peran distribusi pendapatan masih belum maksimal. Sementara Bapak Zainal menyampaikan data ketimpangan serta fenomena hipotesis Kuznets di Jawa Timur.

Garis besar dari diskusi pada malam diselenggarakannya FOREBIS ini yaitu kesenjangan pendapatan  masyarakat baik Nasional maupun Regional dapat diatasi dengan distribusi pendapatan secara optimal serta didukung oleh pensinergian berbagai instrumen kebijakan pemerintah pusat beserta daerah.

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image