Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Muhammadiyah Malang
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Muhammadiyah Malang

Kolokium Doktor “Implementasi Good Corporate Gorvernance (GCG) Dalam Membangun Perekonomian”

Author : Administrator | Kamis, 20 April 2017 12:19 WIB

Malang, Rabu (19/4) Fakultas Ekonomi dan Bisnis menyelenggarakan kolokium doktor untuk kesekian kalinya. Bertempat di Basement Dome UMM, kolokium

ini dihadiri oleh mahasiswa, dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMM, dan tamu undangan dari beberapa perguruan tinggi lain.

Prof. Dr. Syamsul Arifin, M.Si selaku Pembantu Rektor 1 yang membuka kolokium kali ini menyampaikan bahwa UMM memiliki tekat kuat untuk terus meningkatkan sumber daya manusianya. “UMM terus berupaya memaksimalkan sumber daya manusianya tentunya demi kualitas UMM yang semakin baik,” ujar pria kelahiran Madura tersebut.

Pada sesi pertama, Dr. Eny Suprapti, M.M., Ak.,CA menyampaikan karya ilmiahnya yang berjudul “Pengaruh Struktur Kepemilikan, Tekanan Keuangan, Kesempatan dan Rasionalisai Keuangan Terhadap Penghindaran Pajak Dengan Corporate Governance Sebagai Variabel Pemoderasi”. Dosen Akuntansi UMM itu menyampaikan jika Indonesia berpotensi untuk terus meningkatkan Tax Ratio-nya.Tax ratio Indonesia 12,5% seharusnya 19% sampai 26% bila dibandingkan dengan negara lain tax ratio Indonesia termasuk dengan kategori rendah,” Eny menambahkan.

Dr. Ihyaul Ulum, M.Si.,Ak.,CA sebagai pemateri ke dua dalam sesi pertama menyampaikan paper berjudul “Peran Pengungkapan Modal Intelektual dan Profitabilitas Dalam Hubungan Antara Kinerja Modal Intelektual dan Kapitalisasi Pasar”. Salah satu penemuan yang menarik di dalam penelitiannya adalah Profitabilitas dalam ICD tampaknya menjadi strategi yang saling menggantikan, ketika profitabilitas sudah baik perusahaan meminimalisir informasi ICD, begitu pun sebaliknya.

Panelis dalam sesi pertama ini berasal dari Otoritas Jasa Keuangan yang diwakilkan oleh Kombes Pol Drs. Mulyadi yang merupakan penyidik Otoritas Jasa Keuangan dan Dr. Elia Mustikasari, S.E.,M.Si.,Ak Akademisi Universitas Airlangga, Surabaya.

Sesi kedua giliran Dr. Achmad Mohyi, M.M dan Dr. Wahyu Hidayat Riyanto, M.M yang menyampaikan orasi ilmiahnya. Dr. Wahyu Hidayat Riyanto, M.M memberikan pemaparan penelitiannya yang berjudul “Determinant on Economic Growth, Income Disparity, and Poverty of Regencies/Cities in East Java Province”.

Dosen Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan tersebut menjelaskan mengenai 3 domain good governance yaitu, pemerintah, swasta dan masyarakat. Wahyu juga menjelaskan jika struktur ekonomi Jawa Timur paling banyak dari industri pengolahan. "28,97% dari industri pengolahan sedangkan sektor tenaga kerja tahun 2016 paling banyak dari pertanian sebesar 14,18%," imbuhnya.

Pemateri kedua yaitu Dr. Achmad Mohyi, M.M menyampaikan temuan ilmiahnya yang berjudul “Membangun Komitmen Organisasional dan Kinerja Dengan Etika Kerja Profesional, Motivasi Kerja dan Orientasi Sosial : Sebuah Fenomena Pada Lembaga Pemerintah”. Dalam pemaparannya Mohyi mengatakan perilaku individu dan etika kerja profesional, motivasi kerja dan orientasi sosial memiliki pengaruh signifikan serta positif terhadap komitmen organisasional.

 

 

Penulis: Purman Ray Tarsil

Editor: Mochamad Rofik

Shared: