Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Muhammadiyah Malang
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Muhammadiyah Malang

Koordinasi Pembentukan Perhimpunan Manajemen SDM Indonesia (PMSM) Cabang Malang dan Implementasi SKKNI Bidang MSDM

Author : Administrator | Sabtu, 08 April 2017 07:31 WIB

 

Malang, Kamis (6/4) Universitas Muhammadiyah Malang menjadi tuan rumah dalam Pembentukan Perhimpunan Manajemen SDM Indonesia (PMSM) Cabang Malang dan Implementasi SKKNI Bidang MSDM. Kegiatan ini berlansung di Ruang Sidang Senat UMM.

Kegiatan ini di hadiri oleh Akademisi dari Universitas se- Malang Raya bidang Sumber Daya Manusia kurang lebih 40 orang. Diantaranya perwakilan dari STIE Malang, Universitas Kanjuruhan Malang, Universitas Islam Malang, Universitas Merdeka Malang, serta Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMM. Dalam koordinasi pembentukan PMSM ini diisi oleh 3 pembicara yaitu Prof. Eka Afnan Truna sebagai Narasumber, Soenardi, SH yaitu perwakilan PMSMI Jatim dan Bapak Dr. Nazaruddin Malik, M. Si., sebagai Penggagas Ide Pembentukan Pengurus PMSMI Cab Malang.

Pada kesempatan tersebut Soenardi memberikan penjelasan tentang Implementasi Sertifikat Kompetensi Kerja Nasional Indonesia. Soenardi mengatakan bahwa SKKNI mempunyai 104 daftar standar uji kompetensi dan dari 104 tersebut telah terbagi kembali menjadi 5 level. “SKKNI sekarang sudah mempunyai standar kerja MSDM yaitu 104 daftar standar uji kompetensi, ujar Soenardi.

Soenardi juga menjelaskan bahwa sejak ada SKKNI, tenaga kerja asing boleh memegang jabatan MSDM tetapi dengan syarat harus bisa dan atau lancar berbahasa Indonesia.

Uji kompetensi memiliki tiga aspek yaitu knowledge (aspek pengetahuan), skills (keterampilan/keahlian), serta attitude (sikap kerja). “Dalam uji kompetensi ini tidak ada kata lulus atau tidak lulus, tetapi kompeten atau tidak”, jelas Soenardi. Soenardi juga menambahkan bagi mereka yang sudah menerima sertifikat uji kompetensi tidak boleh diam saja, tetapi melakukan sesuatu seperti memberikan jasanya kepada orang lain atau menjadi pengurus suatu organisasi.

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image