Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Muhammadiyah Malang
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Muhammadiyah Malang

Kuliah Tamu: Stabilisasi Sistem Keuangan di Indonesia

Author : Administrator | Rabu, 04 Juni 2014 12:35 WIB
pemaparan materi oleh ibu Kumala Dewi, S.E., ME Ak 
 

 

Kuliah Tamu yang dilaksanakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis pada tanggal 20 Mei 2014 berjalan lancar dan cukup menarik. Terbukti antusiasme peserta yang semangat dalam memberikan pertanyaan-pertanyaan serta menyimak paparan materi yang disampaikan langsung oleh Ibu Kumala Dewi, SE.ME Ak, dari Bank Indonesia Pusat.

Tema besar yang diangkat dalam kuliah tamu kali ini berkaitan tentang “Stabilisasi Sistem Keuangan di Indonesia”. Dalam pemaparannya Ibu Dewi menjelaskan tentang sistem dan kebijakan perbankan di Indonesia yang dijalankan saat ini. Stabilisasi sistem keuangan (SKK) serta bagaimana kerangka kebijakan Macroprudential. Beliau menjelaskan pentingnya membahas stabilisasi sistem keuangan mengingat dominasi bank terhadap sistem keuangan dunia yang berhasil menguasai 80% sampai 90% total transaksi keuangan dunia.

BI sebagai bank sentral di Indonesia merupakan pemegang mandat utama dalam menjaga stabilisasi perekonomian. Sebelum munculnya OJK, Bank Indonesia juga ditugaskkan untuk menjadi pengawas perbankan di Indonesia. Namun, setelah didirikannya Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tugas dan wewenang BI sebagian dilimpakahkan pada OJK. BI lebih terfokus pada pengawasan makro ekonomi.

Beliau juga berpendapat bahwa secara umum stabilisasi perekonomian juga sangat terpengaruh dari stabilisasi keuangan. Pelajaran berharga dari krisis yang pernah dihadapi indonesia bahwa stabilitas moneter hanya dapat tercapai dengan stabilisasi sistem keuangan. Selain itu beliau mengatakan kebijakan moneter dan makro prudensial merupakan dua buah kebijakan yang saling mendukung dan tidak dapat dipisahkan.

 


            Di tengah-tengah sesi saat beliau menyampaikan materi, Ibu Dewi sesekali berpesan dan mengingatkan kepada peserta kuliah tamu bahwasanya sebagai calon ekonom yang akan menggerak
kan roda perekonomian bangsa ini, kebijakan-kebjakan yang nanti akan diambil harus berdasarkan pada prinsip kehati-hatian. Di sesi akhir acara, kuliah tamu ini ditutup dengan do’a bersama serta penyerahan cindera mata kepada BI Pusat yang diwakili oleh Ibu Kumala Dewi, SE.ME Ak.

 

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image