Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Muhammadiyah Malang
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Muhammadiyah Malang

Motivation Building Mahasiswa Baru 2014 FEB UMM

Author : Administrator | Senin, 29 September 2014 15:44 WIB
Berita UMM
Suasana Pemaparan Materi Motivation Building

Motivation Building Mahasiswa Baru (Maba) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) diselenggarakan pada hari sabtu, 27 September 2014 di Aula BAU UMM. Acara Motivation Building Maba ini diikuti oleh peserta dari mahasiswa cadangan FEB UMM dan pemateri pada acara tersebut adalah bapak Dr. Abdul Haris, MA selaku Assisten Rektor yang membidangi kerja sama luar negeri dan bapak Yudi Suharsono, S.Psi., M.Si selaku Pembantu Dekan I Fakultas Psikologi UMM.

Acara ini dibuka dengan baik dan penuh semangat oleh bapak Drs. Warsono, M.M selaku Pembantu Dekan III sekaligus mewakili bapak Dr. Nazaruddin Malik, M.Si selaku Dekan FEB UMM yang berhalangan hadir pada acara tersebut dikarenakan ada acara di China bersama Pembantu Dekan I dan beberapa dosen IESP. Motivation Building Maba FEB UMM  merupakan rangkaian dari kegiatan program peningkatan kapasitas bagi Mahasiswa Baru (Maba) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ujar bapak Drs. Warsono, M.M

Bapak Drs. Warsono, M.M selaku Pembantu Dekan III juga mengatakan bahwa untuk program pengembangkan kapasitas Mahasiswa Baru (Maba) khususnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) angkatan 2014 ini udah di desain sedemikian rupa acaranya, yaitu : Motivation Building Maba FEB, bidang akademik (pendampingan dan bisnis senior), bidang kemahasiswaan (penulisan karya ilmiah). Kegiatan Motivation Building Maba FEB dirancang dalam upaya untuk menumbuhkan dan memberikan suatu suntikan semangat agar dalam melakukan tugas-tugas akademik harapanya dapat meningkatkan motivasi, tambah semangat, dan mejalankan studi ini dengan lebih baik. Kegiatan ini juga terbagi menjadi 2 macam, yaitu : kegiatan indoor (Motivation Building Maba FEB) dan kegiatan outdoor (Outbond) yang dilaksanakan pada hari minggu, 28 September 2014 di Selecta, Kota Batu.

Acara selanjutnya yaitu penyampaian materi pertama dengan tema “kiat sukses dalam menjalani hidup” yang disampaikan oleh Dr. Abdul Haris, MA dan moderator bapak Dr. Marsudi, MM. Pada pemateri pertama ini bisa memberikan tambahan motivasi kepada mahasiswa cadangan dengan cara memberikan kiat-kiat sukses, yaitu : Orang sukses itu mempunyai motivasi hidup, mempunyai perencanaan hidup, dan mempunyai cita cita hidup yang tinggi ujar bapak Dr. Abdul Haris, MA.

Selain itu Dr. Abdul Haris, MA juga menyampaikan bahwa orang-orang sukses itu banyak beranjak dari nol bukan beranjak dari yang sudah jadi dan menggunakan otoknya bukan otot. Ada 3 pikiran yang merugikan, yaitu : (1) terhadap dunia, cenderung melihat kekalahan (2) terhadap diri sendiri, menganggap diri sendiri kurang baik, tidak layak, dan tidak berharga (3) terhadap masa depan, melihat penuh kesukaran, frustasi, dan kerugian. Masalah yang sering terjadi pada hidup manusia adalah antara kesenangan dan kebahagiaan. Kesenangan bersifat hanyalah sesaat dan bersumber dari nafsu, sedangkan kebahagiaan ini abadi dan bersumber dari hati. Beliau juga memberikan 5 prinsip-prinsip yang menjadi pegangan kita dalam bekerja nanti, yaitu : kerjaku adalah ibadah, kerjaku adalah  wujud kemanfaatan diriku untuk orang lain, kerjaku adalah cermin diriku sebagai muslim, prestasi kerjaku adalah sumbangan  penting untuk kemajuan islam dan umat islam, dan hasil kerjaku untuk dunia dan akhirat.

Setelah pemateri pertama selesai menyampaikan materinya kemudian dilanjutkan dengan istirahat sejenak. Disela waktu istirahat dan sambil menunggu pemateri kedua datang, maka diberikan kesempatan kepada mahasiswa cadangan FEB untuk mengisi acara dengan tampil didepan (nyanyi). Acara tersebut semakin rame, meriah, dan penuh sorak-sorak dari temen-temen ketika salah satu seorang mahasiswa cadangan FEB dengan percaya diri dan beraninya untuk maju kedepan hingga pemateri kedua datang.
 
Kemudian acara dilanjutkan dengan penyampaian materi kedua yang disampaikan oleh bapak Yudi Suharsono, S.Psi., M.Si selaku Pembantu Dekan I Fakultas Psikologi UMM dan moderator ibu Novita Ratna Satiti, S.E., M.M. Sebelum memasuki materi, beliau mengajak seluruh mahasiswa cadangan FEB beserta panitia untuk mengikuti gerakannya dengan tujuan mengurangi kejenuhan para peserta Motivation Building FEB UMM.

Bapak Yudi Suharsono, S.Psi., M.Si selaku Pemateri kedua mengatakan bahwa kesuksesan itu milik semua orang, namun tidak semua orang mau sukses. Intinya sukses itu dapat dibangun tidak hanya dari diri kita tetapi dari orang lain. Selain memberikan sebuah materi, beliau juga memberikan motivasi kepada mahasiswa cadangan dengan cara memutarkan sebuah video-video penuh inspirasi dan semangat dalam meraih sebuah mimpi yang besar.

Sebagai rangkaian acara dalam kegiatan Motivation Building ini minggu, 28 September 2014 seluruh peserta Motivation building kembali melanjutkan kegiatan yang kedua, yaitu outbound yang dilaksanakan pukul 07.00 WIB bertempatkan di Selecta, Kota Batu. Kegiatan outbound ini berjalan dengan canda tawa namun penuh dengan semangat yang tinggi. Sebagai awalan acara outbond ini diisi dengan permainan sederhana, selain itu trainer handal bapak Rofiq memberikan energi postif dan memompa semangat para peserta outbond untuk lebih semangat lagi.


Gate Succes.................!!!

Leading Innovation..........!!!


 
 

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image