Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Muhammadiyah Malang
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Muhammadiyah Malang

Outbound dan Yudisium Periode IV Tahun 2014 FEB UMM

Author : Administrator | Jum'at, 28 November 2014 16:12 WIB
Berita UMM
Outbound Pembekalan Lulusan

Sudah menjadi tradisi yang menjadikan Fakultas Ekonomi dan Bisnis berbeda dengan fakultas lain dalam prosesi acara sebelum pagelaran wisuda. Agenda rutin Outbond bagi wisudawan/wisudawati setelah pagelaran yudisium atau sebelum wisuda ini selalu menyimpan banyak cerita yang penuh makna. Pada kegiatan Outbond wisuda periode IV 2014 kali ini mengangkat tema “BUSINESS FRIENDLY”. Acara yang berlangsung pada hari senin, 24 November 2014 bertempatkan di P-WEC Petung Sewu yang berlokasi di Kecamatan DAU, Kabupaten Malang. Acara tersebut berlangsung begitu meriah dan penuh dengan wajah-wajah ceria. Peserta yang mengikuti outbond pada kali ini berjumlah sekitar 160 wisudawan/wisudawati, dari tiga jurusan yaitu akuntansi 61 orang, manajemen 80 orang, IESP 17 orang dan satu prodi yaitu D3 Perbankan 2 orang. Sebagai awalan acarana outbond ini diisi dengan permainan sederhana seperti tes fokus dengan bertepuk tangan, selain itu trainer handal Bapak Musafik mampu memberikan energi postif untuk memompa semangat para peserta outbond untuk lebih semangat lagi.

Setelah sesi pemanasan selesai, acara ini dibuka secara resmi oleh Pembantu Dekan III Bapak Drs. Warsono, M.M. yang menyampaikan dalam sambutannya bahwa kedepan tantangan dunia kerja semakin berat, beliau memberikan motivasi dan menyampaikan untuk setiap wisudawan/wisudawati harus membekali dirinya dari sisi keterampilan, kecerdasan, pengetahuan, keagamaan, spritual, dan softskill atau setiap wisudawan/wisudawati mampu menciptakan sendiri peluang kerjanya.

Sebagai game pembuka, Bapak Musafik mengintruksikan agar peserta membuat sebuah lingkaran, kemudian melalui aba-aba kusus setiap peserta harus berpindah tempat, setelah berselang 3 menit Bapak Musafik kembali menginstruksikan agar peserta membuat lingkaran yang lebih kecil, dari 3 orang setiap lingkaran hingga akhirnya 9 orang setiap lingkaran. Setelah genap setiap lingkaran terdiri dari 9 orang maka secara otomatis itu menjadi kelompoknya. Ada 5 game yang digunakan dalam outbond kali ini, diantaranya adalah flying fox, hulahup, ketangkasan, dan lain-lain.


Setelah rangkaian game sudah selesai, acara dilanjutkan dengan ISHOMA. Sekitar pukul 14.00 acara dimulai kembali kali ini berada di indoor, acara dilanjutkan dengan performance masing-masing kelompok dalam mengkreasikan yel-yelnya, acara cukup seru mengundang decak tawa, sehingga rasa lelah akibat game yang lumayan menguras tenaga sebelumnya serasa hilang karena melihat penampilan lucu setiap tim dalam menampilkan karya yel-yelnya. Setelah performance masing-masing tim selesai, acara diisi kembali oleh Bapak Musafik, kali ini beliau menyampaikan training motivasi, beliau kembali berpesan pada setiap wisudawan/wisudawati agar menjadi orang yang mampu bersaing, berkomitmen, fokus dan mampu memberdayakan untuk menjadi leader. Akhirnya seluruh rangkain acara selesai tepat pukul 15.15 WIB dan ditutup oleh Ibu Dr. Masiyah Kholmi, M.M, Ak selaku Pembantu Dekan II yang menyampaikan bahwa harapannya alumni ini kedepan bisa menjadi sukses dan bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Pada hari Rabu, 26 November 2014 para wisudawan/wisudawati mempersiapkan dirinya untuk mengikuti acara yudisium atau pagelaran Sarjana dan Ahli Madya Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Periode IV tahun 2014 yang dilaksanakan di Aula BAU UMM. Jumlah lulusan pada periode IV tahun 2014 sejumlah 160 orang dari 4 Program Studi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), yakni dari Prodi Manajemen 80 orang, Akuntansi 61 orang, IESP 17 orang dan D3 Perbankan 2 orang.

Kegiatan berlangsung khidmat, dimulai sejak Dekanat dan Kaprodi memasuki ruangan. Lagu Indonesia Raya dan Sang Surya mengawali kegiatan sebelum dibuka oleh Bapak Dr. Nazaruddin Malik, M.Si selaku Dekan FEB UMM. Dilanjutkan dengan pembukaan dan pembacaan Ayat Suci Al-Qur'an. Bapak Dr. Nazaruddin Malik, M.Si selaku Dekan FEB UMM menyampaikan pidato pembukaan dengan menyampaikan harapan agar para lulusan kelak dapat menjadi pebisnis dan mengubah cara berfikir yang klasik. "Cara berfikir klasik adalah cara berfikir yang stagnan, tidak mau maju, mudah mengeluh dan jika ingin melakukan sesuatu harus ada prasaratnya", urai Bapak Dr. Nazaruddin Malik, M.Si selaku Dekan FEB UMM.

Bapak Dr. Nazaruddin Malik, M.Si juga menjelaskan dengan dipilihnya tema “Leading Innovation” sebagai tema besar kegiatan yudisium periode IV tahun 2014, "Ketiadaan bukanlah sesuatu yang membatasi, selalu ada jalan keluar dalam semua permasalahan. Kesulitan adalah kesempatan dan semua kesempatan adalah peluang" terang Dekan FEB UMM Bapak Dr. Nazaruddin Malik, M.Si menjelaskan makna dari Leading Innovation.

Acara dilanjutkan dengan orasi ilmiah oleh Ibu Dra. Titik Ambarwati, MM salah seorang dosen pengajar di prodi Manajemen FEB UMM. Dalam orasinya Ibu Dra. Titik Ambarwati, MM menyampaikan tema tentang "Keterampilan Enterpreneur”. Jadi wisudawan/wisudawati diberikan motivasi bagaimana ketika sudah lulus memiliki keterampilan dalam berwirausaha untuk menghadapi dunia kerja.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan SK Kelulusan oleh Pembantu Dekan I FEB UMM, yaitu Ibu Dr. Idah Zuhroh, M.M. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan prosesi kelulusan program studi Manajemen, Akuntansi, dan IESP. Setelah prosesi kelulusan selesai dilaksanakan, dilanjutkan dengan pembacaan SK Lulusan Terbaik FEB UMM oleh PD III FEB UMM, yaitu Bapak Drs. Warsono, M.M. Pada Wisuda Periode IV Tahun 2014 ini lulusan terbaik dari Prodi Manajemen diraih oleh Sudirman, S.E dengan IPK 3.69, kemudian Melia Ayu Agustin, S.E dengan IPK 3.59, dan disusul Yuly Kristiana, S.E dengan IPK 3.54. Dari Prodi Akuntansi diraih oleh Maria Ulfa, S.E dengan IPK 3.70, kemudian Haris, S.E dengan IPK 3.66, dan disusul Desi Novitasari K.N., S.E dengan IPK 3.62. Dari Prodi IESP diraih oleh Dichi Febrian Putra, S.E dengan IPK 3.74 dan Mohammad Sahid, S.E dengan IPK 3.65.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyampaian pesan dan kesan lulusan, yang disampaikan oleh Mohammad Sahid, S.E dari Prodi IESP dan diakhiri dengan pembacaan do'a yang disampaikan oleh Drs. Mohammad Faisal Abdullah, MM salah satu dosen pengajar di prodi IESP Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image