Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Muhammadiyah Malang
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Muhammadiyah Malang

STUDENT DAY FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS 2016 “Langkah Penuh Arti Untuk FEB Yang PEKA (Prestatif,Energik,Kreatif,Aktif)”.

Author : Administrator | Selasa, 15 November 2016 07:35 WIB

Sebelum berbicara mengenai peranan mahasiswa dalam menyiapkan Indonesia emas 2045, akan lebih baik jika kita mengenal terlebih dahulu siapa mahasiswa itu sesungguhnya.  Mahasiswa itu bukan sekedar seseorang yang belajar di dunia perkuliahan saja, namun seorang mahasiswa adalah generasi muda yang mempunyai identitas sebagai insan yang religius, insan dinamis, insansosial dan insan yang mandiri.Seorang mahasiswa mampu memperdalam dan mengembangkan diri di dalam pembidangan keilmuan yang di tekuninya sehingga dapat memiliki kemampuan  memikul tanggung jawab intelektualnya. Seperti jargon yang sering di ucapkan oleh mahasiswa universitas negeri semarang  yakni “Gelora perubahan” . kata-kata perubahan selalu menempel dengan erat sekali sebagai identitas kaum intelektualitas muda yang mampu member secercah sinar harapan untuk bisa memperbaiki dan member perubahan-perubahan positif di negeri ini. Indonesia perlu adanya perubahan, karna dengan perubahanlah bangsa ini dapat mencapai masa emas di tahun 2045 mendatang.

Indonesia emas 2045 adalah masa depan yang baru akan terjadi 30 tahun mendatang. Mengapa pada tahun 2045?Karena dalam kurun waktu tersebut Indonesia sudah sangat produktif, sangat berharga, dan bernilai, sehingga perlu di kelola dan di manfaatkan dengan baik agar berkualitas menjadi insan yang berkarakter, insan yang kompetitif, serta menjadi bonus demografi.  Seorang mahasiswa dengan giat dan bersemangat menempuh pendidikan perkuliahan dengan sepenuh hati dalam upaya pencerdasan generasi muda bangsa yang nantinya menjadi iron stock bagi kemimpinan di negeri ini. Dan itu adalah sebuah keharusan dalam pelaksanaan progress bangsa.dengan pendidikan derajat bangsa Indonesia akan naik dan dengan pendidikan pula cita-cita Indonesia menjadi bangsa yang cerdas dan berkarakter akan terbentuk dengan lebih mudah.  Aspek pendidikan menjadi sebuah landasan digagasnya program Indonesia emas 2045 yang bertepatan dengan 100 tahun kemerdekaan Indonesia.

Indonesia emas 2045 diartikan sebagai Negara yang cerdas, maju makmur, modern dan berkarakter.Seorang mahasiswa memiliki beberapa peran, yaitu peran dalam memperdalam dan mengembangkan diri dalam bidang keilmuan untuk memikul tanggung jawab intelektualnya. Merupakan dinamisator perubahan masyarakat menuju perkembangan yang lebih baik., dan control terhadap perubahan social yang sedang berlangsung. Saya melihat apabila ada pemuda yang berpikir untuk melakukan suatu kontribusi harus memiliki visi tentang peradaban Indonesia masa depan, jadi ada mimpi yang kemudian mimpi tersebut ditawarkan kepada bangsa Indonesia.

Adapun janji-janji kemerdekaan adalah mengantarkan pada kecerdasan, mengantarkan pada kesejahteraan dan Indonesia akan memiliki peran dalam dunia global. Kita membayangkan apabila adanya suatu usaha kolektif pemuda-pemuda Indonesia dengan visi yang jelas dan dalam perencanaan (time frame) yang bagus, apabila kita mematok pada tahun 2045 yang dimana tepat 100 tahun kemerdekaan Indonesia harus sudah lunas seluruh janji-janji kemerdekaan Indonesia. Kita yakin apabila hal tersebut tercapai maka rakyat Indonesia akan merasakan bahwa betapa bermanfaatnya menjadi bangsa IndonesiaBerbicara mengenai mahasiswa, maka kita selalu terngiang sejarah kebangkitan Indonesia di masa dulu pasca kemerdekaan. Mahasiswa merupakan salah satu aktor utama dalam catatan sejarah kemerdekaan indonesia. Perlawanan mahasiswa melawan penjajah baik di dari luar Indonesia maupun dari dalam negara Indonesia sendiri. Bahkan di dalam perhelatan pemimpin bangsa, pemuda juga memiliki peran penting sebagai wadah masyarakat untuk membantu memilih dan menafsirkan pemimpin yang baik di Indonesia. Masih teringat di benak kita ketika Soeharto diturunkan pada tahun 1998 oleh mahasiswa. Terkuaknya nepotisme dan kolusi oleh Soeharto ditafsirkan dengan baik oleh mahasiswa ke masyarakat sehingga suara Indonesia menjadi satu.

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image