Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Muhammadiyah Malang
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Muhammadiyah Malang

Studi Banding Dosen Universitas Pamulang (UNPAM) ke Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) : Ruang lingkup FEB UMM

Author : Administrator | Kamis, 18 September 2014 14:06 WIB
 Foto Bareng Dosen UNPAM di depan GKB 2 UMM

Studi banding antara Universitas Pamulang (UNPAM) dengan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) khususnya ruang lingkup Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) yang diselenggarakan pada hari selasa, 16 september 2014 di ruang sidang Aula GKB 2 lantai 1. Studi banding atau disebut dengan istilah forum sharing ini, universitas Pamulang (UNPAM) diwakili oleh 11 orang  untuk menghadiri acara tersebut.

Acara studi banding ini dibuka dengan baik oleh Pembantu Dekan III yaitu bapak Drs. Warsono, M.M. sekaligus mewakili bapak Dr. Nazaruddin Malik, M.Si selaku Dekan FEB UMM yang tidak dapat hadir pada acara tersebut dan didampingi oleh Pembantu Dekan I ibu Dr. Idah Zuhroh, M.M serta Pembantu Dekan II ibu Dr. Masiyah Kholmi, M.M, Ak.

Pembantu Dekan III bapak Drs. Warsono, M.M. berkata bahwa berdasarkan surat yang diterima dari kampus, ini merupakan acara studi banding Universitas Pamulang (UNPAM) dengan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), namun beliau mengatakan bahwa ini bukan acara studi banding tetapi forum sharing untuk berbagi pengalaman antara kedua kampus tersebut. Setiap perguruan tinggi manapun disatu sisi pasti mempunyai kelebihan dan disatu sisi lain pasti mempunyai kekurangan.

Terkait dengan UMM dilihat dari umurnya sekarang ini merupakan ulang tahun emas yaitu 50 tahun. Sekarang ini S1 ada 10 Fakultas ditambah 1 Direktorat Pascasajarna dan 1 Direktorat Penelitian dan Pengabdian masyarakat. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) memliki 3 kampus, yaitu : kampus 1 khusus untuk pascasarjana, kampus 2 khusus untuk Fakultas yang berkaitan dengan kesehatan dan kampus 3 khusus untuk Fakultas yang lain. Rencana kedepan akan diadakan kampus 4 khusus untuk ilmu kesehatan fisik dan pisikologi. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) juga memiliki unit usaha diantaranya : SPBU, Hotel Inn, Book Store, Rumah Sakit UMM, dan tempat wisata di Sengkaling ujar bapak Drs. Warsono, M.M.

Acara Selanjutnya perkenalan dari Universitas Pamulang yang diwakili oleh Bapak Sugeng Hidayat mantan Rektor Universitas Pamulang (UNPAM) selama 2 periode tahun 2004-2008 dan 2008-2012. Pada perkenalan tersebut beliau berkata pertama kali mahasiswa UNPAM tahun 2004 hanya sebanyak 162 mahasiswa/mahasiswi, ini “bagaikan hidup segan mau mati” pribahasa beliau dan beliau sekarang menjadi staff di salah satu yayasan. Namun kini Universitas Pamulang (UNPAM) menerima mahasiswa baru hingga ribuan.

Mantan rektor Universitas Pamulang Sugeng Hidayat berkata mereka sudah tidak asing lagi dengan UMM dan mendengar gebyar UMM, serta lampu yang menghiasi UMM begitu bagus ketika menyala di malam hari. Beliau juga mengatakan bahwa “Hidup itu tidak ada sesuatu yang harus diseriusi”.

Universitas Pamulang (UNPAM) merupakan universitas yang masih berakreditasi B, namun ada beberapa yang C karena adanya penurunan jumlah dosen. Mahasiswa di UNPAM rata-rata berasal dari pemulung, ketika pagi hari mereka kuliah dan siang hari mereka harus memulung ujar bapak Sugeng Hidayat.

Kelahiran asal Surabaya ini juga mengungkapkan bahwa  tujuan kedatangan mereka ke Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) adalah belajar dari kelebihan kampus lain dan diterapkan yang belum ada di kampus mereka untuk menjadi kampus yang unggul dan terkemuka.

Setelah Pembantu Dekan III bapak Drs. Warsono, M.M, Pembantu Dekan I ibu Dr. Idah Zuhroh, M.M, dan mantan Rektor UNPAM bapak Sugeng Hidayat memperkenalkan masing-masing kampus mereka, kemudian acara selanjutnya dibuka dengan sesi tanya jawab yang cukup seru dan menarik. Pada studi banding ini atau disebut dengan istilah forum sharing Universitas Pamulang (UNPAM) ke Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berjalan dengan lancar, menarik dan penuh dengan canda tawa.

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image