Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Muhammadiyah Malang
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Muhammadiyah Malang

Workshop Penerbitan Jurnal Internasional FEB UMM

Author : Administrator | Sabtu, 17 Januari 2015 10:22 WIB
Berita UMM
Lab. Manajemen FEB UMM

Workshop Penerbitan Jurnal Internasional Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dilaksanakan pada Kamis, 15 Januari 2015 di Lab. Manajemen GKB 2 Lantai 5 FEB UMM. Acara ini dihadiri oleh para dosen FEB UMM beserta undangan lainnya dan dibuka dengan meriah oleh Ibu Novita Ratna Satiti, S.E., M.M selaku pembawa acara pada Workshop Penerbitan Jurnal Internasional.

Acara awal pada Workshop Penerbitan Jurnal Internasional kali ini, yaitu registrasi para peserta. Jadi, para peserta mengisi daftar kehadiran Workshop Penerbitan Jurnal Internasional. Kemudian pada pukul 08.30 WIB pembukaan oleh Ibu Novita Ratna Satiti, S.E., M.M yang dibuka secara meriah sekaligus sambutan dari Bapak Dr. Nazaruddin Malik, M.Si selaku Dekan FEB UMM. Beliau menyampaikan bahwa harapannya untuk kedepan bisa menerbitkan Jurnal Internasional ujar Bapak Dr. Nazaruddin Malik.

Selanjutnya penyampaian materi yang pertama oleh Bapak Prof. Dr. Ir Kuswanto, MS dengan tema “Strategi Akreditasi Jurnal Internasional” dengan ditemani oleh Ibu Sri Budi Cantika, S.E., M.Sc selaku dosen di IESP FEB UMM. Pemateri pertama adalah seorang  Editor In Chief of Agrivita Journal of Agricultural Science (AJAS) Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya Malang. Dalam materinya, beliau menyampaiakan bahwa di Indonesia ini jurnal bereputasi internasional merupakan jurnal terakreditasi nasional atau jurnal tidak terakreditasi dan tidak aturan khusus untuk jurnal internasional ini ujar Bapak Kuswanto. Beliau juga menjelaskan strategi pengembangan jurnal ilmiah di Indonesia, definisi jurnal bereputasi internasional , tujuan jurnal bereputasi internasional, dan cara Scopus. Kemudian dibuka sesi tanya jawab yang sangat seru dan diakhiri dengan pemberian pengahagaan oleh Pembantu Rektor I Bapak Prof. Dr. Bambang Widagdo, M.M

Kemudian dilanjutkan kepada materi yang kedua oleh Ibu Silvia Santi, S.E selaku Technical Editor of Agrivita Journal of Agricultural Science dan ditemani Bapak M. Erfan Arif, S.E, M.M selaku dosen Manajemen di FEB UMM. Pada pemateri kedua ini dengan tema “Tata Kelola Jurnal Internasional”. Dalam materinya beliau menyebutkan bahwa open journal system merupakan software pengelolaan jurnal secara elekronik. Jadi, semua proses pengelolaan sejak dari submission, proses komunikasi redaksi dengan penulis, proses review dan publikasi dilakukan dengan software ujar Ibu Silvia. Beliau juga mendomenstrasikan cara untuk mendaftar dalam OJS dan menjalankan operasional OJS.  Setelah itu, dibuka sesi tanya jawab dan diakhiri dengan pemberian penghargaan oleh Ibu Dr. Masiyah Kholmi, M.M., Ak selaku Pembantu Dekan II.
 


Sebelum memasuki ishoma dilanjutkan dengan pemaparan materi rencana jurnal internasional yang disampaikan oleh bapak Djoko Sigit Sayogo, S.E., M.Acc., Ph.D selaku kepala P2EBK FEB UMM. Dalam pemaparan materinya beliau menyampaikan bahwa ada  hal yang mendorong motivasi kita dalam membuat acara ini, yaitu agar kita mempunyai keinginan memiliki jurnal yang bereputasi internasional. Setelah selesai menyampaiakan materi, selanjutnya beliau juga membagi semua para peserta menjadi 2 tim untuk membahas diskusi tentang konten jurnal (nama topic dan diskripsi jurnal) dan editorial jurnal. Untuk ruang 1 diskusi tentang konten jurnal (nama topic dan diskripsi jurnal dan ruang 2 diskusi tentang editorial jurnal. Kemudian setelah diskusi selesai dilanjutkan dengan plenno atau keputusan antara 2 tim.
 


Akhirnya tepat pada pukul 15.00 WIB, rangkaian acara Workshop Penerbitan Jurnal Internasional Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berakhir. Acara ini ditutup kembali oleh Ibu Novita Ratna Satiti, S.E., M.M dengan baik penuh canda tawa.
 

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image