Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Muhammadiyah Malang
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Muhammadiyah Malang

Workshop Skripsi Program Studi Akuntansi FEB UMM

Author : Administrator | Senin, 21 Maret 2016 08:36 WIB
Berita UMM
 

Sabtu (19/03) Fakultas Ekonomi dan Bisnis mengadakan Workshop Skripsi di Gedung Kuliah Bersama II (GKB II). Kegiatan ini dikuti oleh kurang lebih 84 mahasiswa jurusan Akuntansi yang  terdiri atas  6 konsentrasi yaitu Audit, Akuntansi Manageman, SIA, Perpajakan, Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Syariah. Kegiatan ini dimulai sekitar pukul 08.30 – 12. 30 WIB. Sebelum acara dimulai mahasiswa diberikan fotokopian dari slide powerpoint yang akan dijelaskan oleh pembicara sebanyak 2 fotokopian.

Workshop ini mengahadiri dua pembicara yang telah berkompeten dibidangnya masing-masing dan merupakan dosen prodi Akuntansi. Pembicara pertama yaitu Bapak Achmad Syaiful Hidayat A. Dalam workshop-nya,  beliau menjelaskan “Kebijakan Program Studi Alur Proses dan Administrasi Bimbingan Skripsi”, ada beberapa hal yang beliau sampaikan salah satu  yaitu tentang Manfaat Pengayaan Skripsi. Dalam penjelasannya diharapkan mahasiswa dapat melakukan percepatan  penyelesaikan skripsi kurang dari 6 bulan atau paling lambat 1 semester, alasannya karena sebelumnya pada matakuliah Metode Penelitian yang ditempuh mahasiswa akuntansi telah mendapat tugas membuat proposal, dimana proposal tersebut dijadikan acuan serta bekal untuk melanjutkan bab selanjutnya. Mahasiswa yang telah memiliki proposal akan mengikuti Seminar Proposal yang jadwalnya telah diatur oleh jurusan. Selanjutnya mahasiswa harus termotivasi dan bersemangat dalam mengerjakan skripsi, mengambil keputusan dan membuat perencanaan serta mengoptimalkan kesempatan dan waktu yang diberikan oleh dosen. Selain Manfaat Pengayaan, ada juga Administrasi Pra Proposal, dll. Dalam mengerjakan Skripsi mahasiswa tidak boleh berperilaku seperti jelangkung “Datang tak dijemput, pulang tak diantar” atau terbang bersama angin, ungkap Bapak Achamd Saiful.

Workshop dilanjutkan oleh pembicara kedua, yaitu Ibu Dra. Eny S, MM, Ak,CA. Beliau menjelaskan tentang “Penggalian Ide Penelitian”. Dalam workshop-nya, beliau lebih membahas tentang ide penelitian dalam skripsi. Tahap penelitian terdiri dari empat tahap yaitu : Topik/ ide/ gagasan, Pertanyaan Penelitian, Data, Metpen. Sebagai mahasiswa hal pertama yang dilakukan adalah mencari ide atau gagasan yang akan menjadi acuan untuk melanjutkan ke tahap berikutnya. Ide bisa didapatkan dari berbagai sumber misalnya, jurnal, fenomena, peristiwa, dll. Setelah mahasiswa dapat menentukan topik/ ide/ gagasan, maka akan timbul pertanyaan yang kemudian mahasiswa akan mencari data dari ide dan pertanyaan yang telah disusun sebelumnya secara spesifik sehingga adanya keselarasan antara ide, pertanyaan dan data. Pada tahap terakhir yaitu menyusun metode penelitian. Tahapan penelitian ini merupakan tahap awal dari sebuah penelitian, karena jika tidak dimaksimalkan oleh mahasiswa, maka akan ada kesulitan dalam menyusun bab empat (IV), tambah Ibu Eny.

Penulis:MPA(ig:@mitra_ayu)
 

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image