Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Muhammadiyah Malang
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Muhammadiyah Malang

Yudisium: Wisudawan Ditantang Masuk Perusahaan Multinasional

Author : Administrator | Kamis, 28 Mei 2015 13:50 WIB
Berita UMM
 

Yudisium FEB UMM (28/5) memberikan gambaran mengenai peluang karir di perusahaan multinasional. Dra. Uci Yuliaty, M.M dalam orasi ilmiahnya memaparkan jika terbuka peluang besar bagi wisudawan untuk berkarir di perusahaan internasional.  Uci juga menghimbau agar lulusan FEB UMM berani mengambil peluang untuk mencoba tantangan tersebut.

Dosen manajemen ini  membeberkan langkah-langkah persiapan yang harus dilakukan bagi lulusan yang ingin berkarir di perusahaan multinasional. “Yang pertama, fokus terhadap evaluasi diri,” uci memberi saran. Ia juga menjelaskan langkah pertama ini sekaligus menjawab pertanyaan apakah pekerjaan yang di lamar sesuai dengan keinginan.

“Apakah penugasan internasional cocok untuk saya?,” ucap Uci menirukan pakar manajemen Sullivan.

Langkah kedua, menurut Uci adalah menyadari kemampuan, apakah keterampilan yang dibutuhkan perusahaaan sesuai dengan keterampilan yang dimilki pelamar.

Sedangkan langkah ketiga, yang bisa dilakukan calon ekspatriat adalah mengikuti pelatihan perusahaan dengan sebaik mungkin, mengenal rekan kerja dan lokasi kerja. Ia juga menambahkan jika mengunjungi tempat penempatan kerja bersama keluarga adalah hal yang tidak kalah penting.

Akhir orasi ilmiahnya, dosen begelar Magister Manajemen tersebut juga menjelaskan, dengan globalisasi, perusahaan multinasional tidak hanya memberikan kesempatan kerja tetapi juga kesempatan membuka lapangan pekerjaan. “Banyaknya perusahaan multinasional tidak hanya menciptakan lapangan kerja, tetapi juga membuka peluang pencipta lapangan kerja (job creator),” Uci meyakinkan.



Penulis: Mochamad Rofik
Twitter: @m_rovik

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image