Fakultas Ekonomi dan Bisnis

#PakarMenjawab | Pentingkah Investasi di Bidang Keuangan?

Investasi keuangan mempunyai manfaat penting ditinjau dari perspektif ekonomi makro maupun mikro. Perspektif yang disebutkan pertama adalah menjadi sumber dana pembangunan potensial yang sangat besar melalui keterlibatan masyarakat dalam pembelian aset keuangan (sekuritas) perusahaan swasta maupun p...

Detail
about

#PakarMenjawab | Pentingkah Investasi di Bidang Keuangan?

Investasi keuangan mempunyai manfaat penting ditinjau dari perspektif ekonomi makro maupun mikro. Perspektif yang disebutkan pertama adalah menjadi sumber dana pembangunan potensial yang sangat besar melalui keterlibatan masyarakat dalam pembelian aset keuangan (sekuritas) perusahaan swasta maupun pemerintah yang go publik. Investasi sekuritas  oleh RT maupun institusi akan mampu menggantikan posisi ketergantungan utang perbankan yang biasanya nilainya relatif kecil dibanding pembiayaan oleh investor secara langsung di bursa efek. Penghimpunan dana secara massif yang melibatkan sebagian besar masyarakat yang berekonomi menengah ke atas sepanjang tidak sangat terkonsentrasi pada pemegang sekuritas inti akan berdampak kepada kuatnya pasar modal yang mampu mengakselerasi pertumbuhan ekonomi serta pemerataan pendapatan masyarakat.

Ditinjau dari perspektif ekonomi mikro, kepemilikan sekuritas terhadap perusahaan go publik bagi masyarakat akan mempu memberikan peluang investasi yang menguntungkan bagi mereka yang berpengetahuan memadai...(selengkapnya)

Shared: