Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Muhammadiyah Malang
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Muhammadiyah Malang

Sejarah

 

Sejarah Singkat Fakultas Ekonomi & Bisnis




Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Malang yang ada sekarang ini, sebenarnya merupakan hasil perkembangan dalam periode waktu yang panjang. Pada awal berdirinya pada 1964, Fakultas Ekonomi hanya memiliki satu jurusan, yaitu Program studi Ekonomi Perusahaan, yang sekarang menjadi Program studiManajemen. Pada saat pendiriannya, Program studi Ekonomi Perusahaan yang menjadi cikal bakal Fakultas Ekonomi ini sebenarnya merupakan cabang dari Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jakarta.


Dengan kondisi yang ada pada waktu itu, Fakultas Ekonomi sempat mengalami kefakuman dalam operasionalnya. Baru pada 1977, Fakultas Ekonomi diaktifkan kembali dengan satu jurusan, yaitu Program studiManajemen, yang merupakan nama baru dari Program studiEkonomi Perusahaan sebelumnya. Seiring dengan semakin berkembangnya Universitas Muhammadiyah Malang, Fakultas Ekonomi juga ikut berkembang.

Dengan berkembangnya kondisi ekonomi dan bisnis pada era dekade 1980-an, Fakultas Ekonomi dengan sumberdaya yang ada, mulai membuka program studibaru. Hal ini sebagai respon untuk menjawab adanya kebutuhan akan tenaga ahli di bidang ekonomi dan bisnis. Pada 1985, Fakultas Ekonomi membuka Program Studi Akuntansi, dengan tujuan untuk menyediakan tenaga ahli yang mempunyai keahlian dan kecakapan di bidang akuntansi yang pada waktu itu masih jarang. Pada 1986, Fakultas Ekonomi membuka Program Studi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, dengan tujuan untuk menyediakan tenaga ahli yang mempunyai keahlian dan kecakapan di bidang ekonomi agregatif, baik dalam sektor riel maupun moneter.

Pada era dekade 1990-an, dengan semakin meningkatnya tuntutan kebutuhan akan tenaga kerja yang handal, terutama untuk level manajemen menengah, maka Fakultas Ekonomi membuka Program Studi Magister Manajemen pada 1993. Program studi inilah yang menjadi cikal bakal Program Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Malang. Perkembangan selanjutnya, pada 1997, Fakultas Ekonomi membuka Program Studi Diploma Tiga (D3)  Keuangan dan Perbankan. Tujuan pembukaan program studi baru ini adalah untuk menyediakan tenaga trampil dengan keahlian menengah, di bidang keuangan dan perbankan.Hingga 2008, Fakultas Ekonomi telah memiliki tiga program studi untuk jenjang S1, satu program studi D3, sedangkan Program Studi Magister Manajemen masih di bawah Program Pasca Sarjana. Status jurusan, dan program studi tersebut adalah sebagai berikut:

1.  Manajemen dengan Status Terakreditasi A  SK : 247/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/XII/2013
2.  Akuntansi dengan Status Terakreditasi A SK : 197/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/IX/2013
3.  Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan (IESP) dengan Status Terakreditasi B SK : 035/SK/BAN-PT/Akred/SI/I/2014
4. Program Diploma Tiga (D-3) Manajemen Keuangan-Perbankan dengan Status Terakreditasi A SK : 1009/BAN-PT/Akred/Dpl-III/IX/2015

Shared: